Baru cettingan ama Febe. Dia cerita kalo lagi setres mo UAN, tryout dan laen. soalnya uan SMP jadi 4 matapelajaran(+IPA) yang tadinya 3 doank(Matematika, Bhs Inggris dan Bhs Indonesia). Jadi inget adik gw yang masih kelas 3 SMA. SMA ama SMP sama-sama nambah matapelajaran. kalo SMP nambah pelajaran IPA, kalo SMA nambah 3 matapelajaran jurusannya. Hm...

Jadi ni ceritanya inget-inget masa lalu nih. masa-masa SMP gw di otak gw kayaknya kena distorsi yang merusak ingatan. ga tau kenapa. jadi kalo ada software pengukur ingatann selama  masa sekolah di otak gw, SMP paling rendah. terbukti gw lupa kapan uannya, berapa nilai uannya, di kelas mana gw ngerjain uan, waktu cap jari nya, trus kapan aja gw boker di wc sekolah, total gw beli apa aja di kantin...YAIYALAH. gak,gak . padahal gw masih inget masa-masa itu semua waktu SD dan SMA.


Waktu SD
[di amrik]
1 Tahun gw sekolah di San Ramon, CA. di Montevideo Elementary School dari kelas 1 sampe kelas 1 abis. Secara gw anak Indonesia angkatan TVRI & TPI, later 80's bahasa inggris paling banter ya "yes", "no","tengkyu", "Whatsyorneim?","Hauoldaryu?" abis yang ditonton si komo di tpi yang masih concern ama pendidkan ama acara tv anak-anak nyanyi dari tentang semut ampe tukang bakso di tvri. Jadi ya bahasa monyet bule lah.

Image Hosting by Picoodle.com
ini foto di "Great America" Paramount Park.
ka-ki: gw, mama gw, model jingle RCTI.

Tapi, katanya, anak-anak adalah peniru terbaik sedunia, jadi gw bisa blajar bhs inggris secara cepat lewat tivi  semacam acara Barney, masked rider(baca: ksatria baja hitam versi bule) dan power rangers di Fox, kartun-kartun menarik di nickelodeon, CN, dan WB channel yang berhasil ngupgrade bhs inggris gw jadi bahasa Orangutan bule(ngerti apa kata orang tapi ngejawabnya tetep gaya monyets). contohnya waktu guru gw ngasi tau kalo kupon lunch prabayar gw udah abis, jadi harus dibayar lagi, 

"Dhika, this is the last coupon, THE LAAAAASSSST COUUUPON, deeee leeeessss. Tomorrow you have to pay for the next term or just bring $5 everyday, bRRRIIINGG FIVEEEE, ffffaaaaiiiiiffff(telapak tangannya nutupin muka gw) DOLLARSS if you don't want to use the prepaid coupon anymore."

Wali kelas gw harus ngulang-ngulang kata-kata yg penting spy gw ngerti, secara gw murid international, diulangi INTERNATIONAL!!! hueheueh... trus gw ngejawab wali kelas gw itu,

 "u'u'u' a'a'a'...(sambil garuk2 ketiak)" YA GAKLAAAHHH... gw ngerti lahhhh,,, so just a simple "ok".

Image Hosting by Picoodle.com
ini foto sekeluarga di depan townhouse(yang cokelat) gw di texas

[pindah ke indo]
Kelas  1 berakhir. pas gw harus balik ke tanah air. Gw pindah ke sebuah kota yang ga ada di peta apapun di Propinsi Riau. nama kotanya Duri. tajem? ya tajem banget panasnya. ini salah satu distrik operasional tempat papa gw bekerja.

Oiya, sebelum ke Duri, gw pulang kampung dulu ke Banyuwangi. Oleh-oleh seabrek dibagiin ke sanak saudara handai taulan. jiah. secara anak baru pulang dari amrik donk, eyang gw iseng selalu ngajakin gw bhs inggris. hehe.

"Hey boy, what is your name?" kata eyang gw.

"u'u'a'a'(gaklah..hehe). Salah Yang! yang bener itu "Watsyor neim?" bukan wat is yo neim..." jawab gw sotoy. hehe.

Balik ke Duri. gw sekolah di sekolah subsidi perusahaan papa gw, Cendana. SD Swasta 050 Cendana Duri. hapal kan gw? hebat. kelas 2B,3A,4B,5A,6A. banyak banget pengalaman yg aneh-aneh ampe ajaib  antara gw ama tmen-temen yang kalo diceritain bareng temen-temen gw ga ada abisnya.

Mulai dari pacar-pacaran anak-anak SD. hehe. ini nih yang lucu. gw inget banget waktu kelas 3. gosip yang harus gw pinggul dengan beratnya. gw digosipin ama seorang cewek namanya Bella. Bella sekarang jg kul di ITB. (Hei Bel! :p) berawal dari belajar IPS. organisasi terkecil masyarakt adalah keluarga. ada keluarga catur (4 anggota). Bella sebagai ibunya dipanggil ke depan sebagai contoh ama guru yang bernama Pak Agus. Bella tu bunga angkatan.hehe. kebetulan nama lengkapnya itu Isabella, nah pas nyari contoh bapaknya nama gw tu pas di urutan sebelum si Bella, Irdra Firstyadhika. alhasil, yah tau sendiri namanya anak-anak, diejek-ejekin setengah mati...ada yang "ciiiieeeeehhh" "siiihiiiii.." "suit suiuuuu" trus "ngok, ngok" "mbeekk..." gaklah...heheh.

Mollu>
Ada juga temen super deket gw ampe skr. namanya si Mollu(nama kalo malem, ga jaman lagi nama samaran). Si Mollu ini penderita 'esmony'=ga bisa nahan emosi. Dia punya musuh bebuyutan yang kalo udah ngeganggu, si Mollu kalo nemu pisau ditusuk ya ditusuk deh si musuh bebuyutannya itu. trus dia jg ga bisa nahan emosi kesedihan. kalo dihukum di depan kelas, bisa nangis senangis2nya sekesurupan2nya. itu terjadi ampe kelas 6 SD.

Ando>
Ada juga temen gw namanya Ando(nama samar-samar juga). Ando itu polos banget jadi orang. diejekin pasrah aja. tapi selalu nangis. tapi gaya nangisnya itu yang keren. Pas olahraga suka diejekin gabisa larilah ato apalah, dia tahan aja. tapi pas istirahat dia tutup mata, pas gw nanya ngapain, dia ngejawab kalo dia lagi tidur. Padahl lagi nangis.hehe. trus, pas pelajaran apa gitu, dia lupa ngerjain tugas, trus gurunya marah donk, eh, dia nangis meraung-raung sambil mebanting-bantingkan kepalanya kedinding. serius. Tapi si Ando ini anaknya pinter banget. sekarang jg kuliah di ITB.

Pak Atelpi>
Ada guru yang gw inget banget sampe sekarang. Namanya Pak Atelpi. Guru Bahasa Indonesia. ini guru luuuuucuuu bgt. guru favoritlah. gw yakin angkatan gw seluruhnya ga pernah lupa ama ceritanya "si Ali". Sebelum sinetron booming, si bapak ini udah bikin cerita yang sinetron bgt. dari kelas 3 ampe kelas 6 itu kalo ada waktu sisa sebelum pelajaran selesai, murid-murid selalu minta meneruskan cerita si Ali. Awalnya ceritanya oke bgt(Guru Bahasa indonesia!). tapi pas akhir-akhir kelas 5 ato 6 itu cuma senjata murid-murid aja supaya ga belajar, soalnya ceritanya ga menarik lagi dan hampir ga ada yang merhatiin bapaknya cerita. hahaha...dan anehnya juga, tiap kelas yang didatangi si bapak ceritanya berbeda-beda. hehe.


Well, akhir SD gw sangat-sangat luar biasa. gw dengan sukses lulus EBTANAS dengan nilai rank 11 sekecamatan. hehe.. ini berkat seluruh keluarga gw dari mama, papa, ampe mbah gw yang ngebantu gw belajar tiap-tiap malem. mereka biasanya membacakan soal, terus gw jawab yang udah hapal luar kepala. hehe. abis yang ditanya dari taun 70an ampe sekarang juga sama mah ebtanas. ehehe.



hmm.. gw pengin temen-temen SD pada komen nih, ato kalo mo nambah-nambahin plis,,,hehe..


untuk pengalaman SMP gw post di next post ya...biar penasaran :p