makan-makan liburan!

Sebelum gw terusin foto-foto sepedaan, ini foto-foto tentang makanan yang biasanya pasti dan harus dicari di Pekanbaru..


DSC_0365
dari yang kecil dulu. ini biasanya disebut "keripik cabe". terbuat dari singkong yang dilapisin sama sambel. keripik yang enak itu seharusnya masih kriuk walopun udah dilumuri sambel. keripik ini bisa aja dimakan polosan aja, tapi lebih enak itu dicampur di kuah sate padang yang kuahnya kental itu ato lontong sayur. tapi kadang enak juga kok kalo dicampur sama nasi goreng ato mi goreng dimasak khas padang.

DSC_0395
ini dia namanya lontong sayur (dibaca: lontong sayua) khas Pekanbaru dengan pengaruh makanan minang juga. keripik cabe paling nikmat itu dimakan sama ini. trus dikasih kuahnya dikit..HHmmmmmm...

DSC_0367
gambar ini adalah gambar mi goreng yang bagi gw paling enak sedunia. sepintas mirip mi goreng biasa. Tapi kalo dirasain, bumbunya itu ada sentuhan minangnya, jadi campur pedes-pedes. trus ada khasnya yaitu telurnya. telur ini didadar tapi bukan didadar biasa. tapi didadar dengan minyak yang banyak jadi agak-agak kering gosong luarnya. mi ini juga enak dimakan sama keripik cabe tadi

DSC_0375
bukan cuma makanan lokal. sepulang gereja hari minggu sekeluarga bareng keluarga lain pada makan rawon + pecel madiun. iya, jadi di pekanbaru ini sangat banyak pendatang. jadi makanan lokalnya pun gak jelas juga. kayak lontong dan mi tadi itu ya ada pengaruh-pengaruh minang juga. kalo ini rawon dan pecel juga makanan jawa, tapi bisa juga dimakan pakai keripik cabe yang khas minang juga. hehe. yang keren dari makan rawon ini, es tehnya gede gilak. dan pas banget lagi panas-panasnya. ludes.

dari flickr: akhirnya bisa minum mountainDew!

MTdew ada di commisary Rumbai!!
ini ni namanya commisary. udah sekitar 6 bulan gw ga kesini. commisary itu semacam supermarketnya camp CPI ini. commisary sejenis ini ada di distrik lain seperti Minas ato Duri. Kalo di Duri itu setau gw itu rame dan hampir mirip Hero, jadi isinya bukan hanya kebutuhan sehari-hari, ada stand2 ato booth barang-barang lainnya. nah kalo di rumbai itu sepiiii... liat aja tu parkirannya. cuma ada sepeda satu:sepeda gw. hehe. tapi sukanya gw disini banyak barang-barang impor! karena yang beli-beli itu kebanyakan bule yang males keluar camp.

jadi misinya tadi beli aqua. tapi di refrigerator ada MountainDew! dimana ini adalah minuman keluaran pepsico soda lemon (kyk sprite) yang sangat terkenal di amrik sono. hahahahaha... salah satu minuman impian gw... ahahahaha!
dan harganya adalah Rp 11.000,-.. hehe

dari flickr: di balik pager pembatas CPI Rumbai..


pagar pemisah antara camp CPI Rumbai sama kampung sekitar
Jadi ini photospot gw pertama waktu sepedaan pagi ini waktu liburan seminggu ini. sendirian gw sepedaan. asik. berpetualang..
jadi ini foto pagar pembatas dari sekitar lapangan latihan INKAI (depan commisary) dengan kampung rumbai bukit. ga terlalu nyolok lah, kawat2 gt. ga batu-batu yang berlebihan. tapi tetep aja kelihatan perbedaan semacam infrastruktur & fasilitas2nya...

kampung sekitar Camp CPI
nah, ini gambar dibalik pagar itu. bisa dilihat kalo lingkungannya ya seperti pedesaan gitu. ada tanaman umbi-umbian. ada kolam untuk melihara kayak lele-lelean gitu kali hehe...
trus rumah-rumahnya beratap seng yang udah karatan-karatan, tapi udah cor-coran kok rumahnya...

Tempat latian INKAI
Nah kalo ini pas bagian ke dalem camp CPI Rumbainya. ini lapangannya luas emang untuk latian karate INKAI kalo sore-sore. lapangan ini pas di pinggir jalan utama dalam Campnya dan seberangnya ada commisary, supermarket yang banyak banget isinya barang-barang impor! ntar gw post juga fotonya. gw beli MountainDew!

Flickr

This is a test post from flickr, a fancy photo sharing thing.

Babi oh babi...





















(maaf babe,, dirimu harus kutinggalkan sejenak...)

Tokoh yang lebih ato sama terkenalnya sama tokoh2 partai yang berebutan jadi presiden akhir-akhir ini adalah: BABI. bukan, bukan nama orang, tapi binatang.
Pagi ini gw yang rencanaya mo jogging tapi kesiangan :P nonton apakabar indonesia pagi di tvone. tema utamanya Babi. bisa aja ntar tvone divonis haram. hee..

jadi topik pertama adalah flu babi ato nama kerennya Swine Flu. keren yak babi yang harusnya Pig tapi ada nama kerennya Swine. :D
jadi bicaralah para pembawa acaranya dan narasumbernya, ada dari korban penderita flu burung yang sembuh, trus ortunya yang anaknya meninggal, sama orang dari dinas kesehatan RI. so far gw salut sama persiapan Indonesia menghadapi virus Flu babi ini. Mudah-mudahan jika ntar benar ada korban yang muncul, bisa ditekan penyebarannya sehingga pandemi seperti tahun 1918 yang ditakutkan akan terjadi bisa ditekan.
berdasarkan yg gw tonton, ciri awam yang "suspect flu babi" (suspect belum tentu terinfeksi virusnya, perlu penelitian lebih lanjut di institusi kesehatan lanjut) adalah:
- Demam
- Batuk pilek
- sakit tenggorokan
- berkunjung ke negara suspect flu babi dalam waktu dekat
- kontak langsung dengan orang yg terinfeksi
kalo ada yang ngerasa seperti yang di atas dimohon berkunjung ke puskesmas/RS terdekat.

Babi kedua adalah tentang vaksin meningitis. tanpa mengurangi rasa hormat kepada pihak tertentu, gw geli dengan pembahasan ini. Vaksin meningitis yang disebabkan oleh virus (ada juga yang disebabkan kuman/bakteri) itu menggunakan Enzim Babi. Yang diundang sebagai narasumber adalah orang dari dinas kesehatan jg kayaknya, yang jelas professor gt. dan narasumber satu lagi adalah orang dari MUI. Setiap pihak menekankan kepentingannya masing-masing. yang satu demi kesehatan, yang satu demi agama atau amanat Tuhannya. si pembawa acara juga mengungkapkan sdikit protesnya sebab Malaysia ternyata sudah meneliti vaksin yang menggunakan enzim sapi. Jadi si pembawa acara menyerang kenapa indonesia nggak bergerak ke arah vaksin sapi itu. si MUI dan penelepon juga menyerang tetep aja ga boleh dipake sebab itu udah tertulis di kitabnya yang berarti firman yang gabisa diubah oleh manusia. sayangnya firmannya itu gabisa diupdate oleh-Nya. si professor bingung.
Untuk informasi, vaksin ini dan vaksin-vaksin lainnya diberikan kepada umat muslim yang akan pergi ke Arab Saudi untuk haji/umroh. hmm...
Jadi si pembawa acara menelepon orang yang ngurus haji itu.
pertanyaannya: "bagaimana menurut bapak ini? seluruh jemaah itu telah disuntikkan barang haram. apakah berpengaruh dengan kepergiannya?"
trus bapaknya jawab: "oya? apa bisa disedot lagi, dek?" hehe...gaklah..

Well, itulah Babi. Lumayan untuk pengetahuan gw pagi hari. terserah gimana mau menilainya. kalo gw sih, apa yang terbaik bagi umat manusia aja deh. :D ...oink...