come visit indonesia! we'll gonna eat you, Mr bule...


Ini gambar nemu dari KDRI. iklan ini ada di bandara Soekarno-Hatta.
serem abis. iklannya kayak ngomong:

KAMI MANUSIA PEMAKAN ARANG KAYU! MAKNYUS!
...
SELAMAT DATANG DI INDONESIA..! >:)

bumi itu kecil

tulisan ini udh diedit lagi ternyata nama jalan di pekanbaru itu Harapan Raya. Bukan HARAPAN JAYA..HARAPAN JAYA MAH NAMA BAND... gw yang geblek. HAHAHAHAH

di EEP sejak 2 bln lalu gw ngambil les bahasa mandarin (Hanyu).. gurunya itu emg orang china asli. tapi suaminya orang indonesia, jadi sejak 6 tahun lalu, kalo gasalah, dia ud pindah ke indonesia.
kalo si laoshi (guru dlm bhs mandarin) nya ngomong bhs indo tuh aneh, butuh pendengaran dan aplikasi khusus di otak untuk mengubah ketidakjelasannya jadi bhs indo yang bisa dimengerti.. ngomongnya kayak kumur kumur karna di bahasa mandarin itu beberapa huruf macam 'd' dibaca 't', kalo 'j' jadi 'c' kalo 'r' itu ga bisa dibaca kyk lidah getar gitu tapi kayak bhs inggris..

tadi pas sesi nulis tulisan kanji kan si gurunya nganggur tuh, jadi diajak ngomonglah kami para murid-muridnya..

"ceska, kamu ata lumah ti chawa ya? lumah olang tua?" si laoshi tanya ke Siska.
"iya laoshi.."
"Kalo kamu muyid thika, kamu chawa?" nanya ke gw
"iya laoshi..."
"lumah chuga?"
"(masi sibuk nulis kanji yang ribet minta ampun) ooh ngga....mmm..."
"Dia orang jawa laoshi, tapi tinggalnya di Pekanbaru..." Siska ngebantu jawab karena gw masi kurang ngeh.
"ooohh pekanpalu...! shuami saya olang pekanpalu... saya tulu pelnah ti sana 1 tahun.. di karauwanjahya..."
"Di mana laoshi?" gw nanya lagi karena ga jelas di kata terakhirnya
"kharauwanjahya..."
"(bingung)..."
"Karimun Jawa?" Siska coba nebak
"ooh.. ga tau saya Laoshi jalan karimun jawa itu.." gw jawab
"kharauwanchaya.. ruko ti sana panyak. saya tulu punya shatu, ti pawah toko chual-chual balang, ti atas lumah... sekalang di sewa olang.."
"......OH! Harapan Raya... Jalan harapan Raya..." aplikasi di otak gw akhirnya berhasil bekerja dengan baik
"Iya iya! itu tia..."
:D

hehehe... ternyata olang, eh, orang pekanbaru juga toh.. :D seterusnya dia cerita dah dari tentang durian yang enak-enak sampe pernah ke dumai naik bis. wow. gw aja ga pernah naik bis ke sana, nyawa lo bisa 50-50 di jalan menuju sana.. hehe
tapi btw, belajar bhs mandarin itu fun. klo temen-temen punya waktu bisa coba ambil aja les bhs mandarin. asik. bahasa mandarin menurut gw itu bukan sekedar alat ngomong, tapi sekaligus belajar budayanya..

klo orang nanya kenapa gw les mandarin? karena gw udh bisa bhs inggris. di dunia ini penguasanya ada 2. Cina & Amrik sono. klo lo bisa dua-duanya, lo bisa nguasain kedua negara yang nguasain lo... hahahaha

kesuraman ga dianggap...

tulisan ini udah diedit. kata orang secara kode etik pers, namanya samaran. oke. oiya, maap kalo yang ngerasa gimana gitu sama tulisan ini. maaf yah, karena ya emg itu adanya.

cuma sedikit miris ngeliat beberapa temen-temen gw yang kadang ga sadar klo sedikit lengah, kesuraman itu bisa dateng. tapi sebenernya kesuraman itu bisa jadi ga suram klo kita bisa siasatin.

tadi pas kuliah sistem informasi bisnis sepi banget yang dateng. hehe ntah karena males ato karena gosip ga ada kuliah, tapi yang jelas hampir tiap minggu kuliah ini sepi terus. padahal 4 sks..
gw ga akan bahas itu...
15 menit sebelum kuliah selesai, gw kebelet boker. setelah 5 menit selesai dari toilet, gw balik ke kelas. kelas udah tinggal 5 menit lagi. Tapi ternyata ga jauh dari tempat duduk gw ada seseorang yang baru dateng ke kelas itu. berarti dia dateng 15-10 menit sebelum kelas selesai.
Anggap aja namanya Samaran lah ya. ga tau sibuk ato kenapa dia emang sering masuk-keluar kelas. Tapi ya itu terserah dia sih. tapi, ada tapinya nih.

*setelah kelas selesai*
Samaran: (jalan ke meja tutor) jadi mba, kita ini disuruh ngapain ya? ini untuk apa sih mba? bisa tolong dijelasin? (sambil menunjukkan list jadwal presentasi tiap kelompok)
tutor: (buru-buru karena ada kelas lagi selanjutnya) aduh, gimana ya.. kamu tanya temen kamu aja saya harus buru-buru ini..
Samaran: (keras kepala) iya mba, blablabla *intinya dia minta dijelasin*

gw gatau seterusnya gimana, tapi yang jelas gw yang ga jauh dari meja karena mau ngopi slide, jengkel. gw yang cuma mahasiswa aja jengkel, apalagi mbak tutornya. Mbaknya sbar bgt ngejawabnya. kalo gw udah gw marahin aja daritadi.
tapi... belum selesai sampai situ.

gw: (lagi fotoin catetan yang ada di whiteboard)
Samaran: Dik, "ERD" ni apa? Jelasin dong ERD, untuk apa ni?
gw: *buset, mba nya aj perlu 1 jam nerangin ERD ini* Udahlah, kopi aja slidenya! belajar sendiri, baca disitu!

gw ga marah. cuma gila aja, lo bayar mahal di SBM ITB cuy. gw bukain aja ya.. tiap semester sekitar 12 juta duit orang tua lo keluar untuk bayar apa? untuk bayar kuliah!
ada beberapa temen gw di kampus yang kayak si Samaran ini. uang 12 juta per 4 bulan itu ga gampang nyarinya.
Bukan cuma masalah uang deh. mungkin uang bagi mereka bisa dicari dengan gampang. Contoh si Samaran inilah yang bisa mempermalukan ITB. khususnya SBM. Sekolah di ITB itu priceless! ITB itu impian semua orang bos! lebih dari sampingan-sampingan yang bisa mengganggu kuliah-kuliah lo.

coba, pikirkan lagi.

surprise, surprise!

uhh yeeah!

Pamer foto. :D




udah lama benget ga posting. hehe..
maaf sodara2, ini emang lagi sibuk kuliahnya. ya kalo ga sibuk bukan mahasiswa namanya. :P

bingung mikir enaknya ngepost apa ya? ah sekarang mau post foto-foto aja deh...
mungkin ada yang uda pada liat ya foto2 gw di panoramio, tapi ini beberapa yang gw suka.
ntar kalo ada beberapa foto yang kira-kira bagus, gw akan post lagi disini okee?

ini koleksi foto-foto museum di Indonesia. sebenernya cukup banyak museum-museum di Indonesia, tapi dari sekian banyak museum yang pernah gw datengin, 2 museum ini menurut gw yang paling keren baik luarnya maupun isinya.


"Museum Nasional"
museum ini adalah museum yang koleksinya paling kaya dari seluruh museum di Indonesia. gedung di foto ini adalah gedung barunya. samping kiri dari arah kita, ada gedung lamanya. sayangnya kita ga boleh bawa kamera ke dalam. padahal koleksinya super lengkap! katanya yang dipajang di museum ini baru sepertiganya :D gw sempet ngeliat gudangnya, emang masih banyak artefak-artefak yang masih 'ngantri' untuk dimuseumkan.
(klik disini untuk versi resolusi tingginya)


"Museum Bank Indonesia"
museum terkreatif dan tercanggih di Indonesia. pas banget predikat ini disandang sama museum yang baru diresmikan pak SBY tahun ini. dari luarnya aja kita bisa ngeliat kalo gedung ini dipugar dan dipelihara dengan baik. enaknya di sini udahlah gratis, pajangannya itu ada flownya. jadi kita kayak berpetualang tentang uang di dalamnya. kamera juga bebas dibawa, asal tidak boleh pake blitz di brp area. koleksi uangnya juga super lengkap. ada emas batangan yang dipajang juga. dan yang paling keren menurut gw adalah LCD bertebaran dimana-mana.. hahaha... salah satu museum yang wajib dikunjungi. salut!
(klik disini untuk versi resolusi tingginya)

sip, 2 dulu yah fotonya, ntar gw post beberapa foto yang mudah-mudahan bisa memberi inspirasi. cie.. hahaha :D