tulisan ini udah diedit. kata orang secara kode etik pers, namanya samaran. oke. oiya, maap kalo yang ngerasa gimana gitu sama tulisan ini. maaf yah, karena ya emg itu adanya.

cuma sedikit miris ngeliat beberapa temen-temen gw yang kadang ga sadar klo sedikit lengah, kesuraman itu bisa dateng. tapi sebenernya kesuraman itu bisa jadi ga suram klo kita bisa siasatin.

tadi pas kuliah sistem informasi bisnis sepi banget yang dateng. hehe ntah karena males ato karena gosip ga ada kuliah, tapi yang jelas hampir tiap minggu kuliah ini sepi terus. padahal 4 sks..
gw ga akan bahas itu...
15 menit sebelum kuliah selesai, gw kebelet boker. setelah 5 menit selesai dari toilet, gw balik ke kelas. kelas udah tinggal 5 menit lagi. Tapi ternyata ga jauh dari tempat duduk gw ada seseorang yang baru dateng ke kelas itu. berarti dia dateng 15-10 menit sebelum kelas selesai.
Anggap aja namanya Samaran lah ya. ga tau sibuk ato kenapa dia emang sering masuk-keluar kelas. Tapi ya itu terserah dia sih. tapi, ada tapinya nih.

*setelah kelas selesai*
Samaran: (jalan ke meja tutor) jadi mba, kita ini disuruh ngapain ya? ini untuk apa sih mba? bisa tolong dijelasin? (sambil menunjukkan list jadwal presentasi tiap kelompok)
tutor: (buru-buru karena ada kelas lagi selanjutnya) aduh, gimana ya.. kamu tanya temen kamu aja saya harus buru-buru ini..
Samaran: (keras kepala) iya mba, blablabla *intinya dia minta dijelasin*

gw gatau seterusnya gimana, tapi yang jelas gw yang ga jauh dari meja karena mau ngopi slide, jengkel. gw yang cuma mahasiswa aja jengkel, apalagi mbak tutornya. Mbaknya sbar bgt ngejawabnya. kalo gw udah gw marahin aja daritadi.
tapi... belum selesai sampai situ.

gw: (lagi fotoin catetan yang ada di whiteboard)
Samaran: Dik, "ERD" ni apa? Jelasin dong ERD, untuk apa ni?
gw: *buset, mba nya aj perlu 1 jam nerangin ERD ini* Udahlah, kopi aja slidenya! belajar sendiri, baca disitu!

gw ga marah. cuma gila aja, lo bayar mahal di SBM ITB cuy. gw bukain aja ya.. tiap semester sekitar 12 juta duit orang tua lo keluar untuk bayar apa? untuk bayar kuliah!
ada beberapa temen gw di kampus yang kayak si Samaran ini. uang 12 juta per 4 bulan itu ga gampang nyarinya.
Bukan cuma masalah uang deh. mungkin uang bagi mereka bisa dicari dengan gampang. Contoh si Samaran inilah yang bisa mempermalukan ITB. khususnya SBM. Sekolah di ITB itu priceless! ITB itu impian semua orang bos! lebih dari sampingan-sampingan yang bisa mengganggu kuliah-kuliah lo.

coba, pikirkan lagi.