Gw dulu sekolah dari TK-SMA itu di yayasan punyanya tempat orang tua gw kerja, yang bernama Cendana. Ya gw pernah post beberapa kebodohan-kebodohan masa-masa sekolah di sana.

Sekolah SD gw kurang lebih statusnya seperti SD PN Timah di Belitong pada masa-masa laskar pelangi jaya-jayanya. Saingan kami pada saat itu ya sekolah-sekolah negri di sebrang pagar pembatas kompleks Chevron (dulu Caltex).

Salah satu kebanggaan anak-anak cendana itu pagi-pagi udah nungguin bus (dibaca: bus, bukan bis ato bes) di halte terdekat rumah untuk mengantarkan mereka ke sekolah. busnya kurang lebih sama dengan poto di atas. cuman warnanya warna kuning untuk distrik tempat gw tinggal, Duri. gw inget banget nomernya 4211. Semakin keren busnya semakin bangga untuk dipamerin pas pulang sekolah. bahkan penutup sandaran aja dibanggain dan bikin berantem mulut! bweh.





ya, ini SD gw. SD swasta 050 cendana Mandau.

Bus ini adalah kebanggaan setiap kompleks. semacam maskot gitu. anak-anak kompleks tipe 3 itu pake bus yang kepalanya fuso, tapi untuk anak-anak tipe 1 macam gw itu busnya bus pariwisata 4211 itu. suatu waktu 4211 itu harus jemput anak kompleks lain, trus anak-anak kompleks lain itu ga berani ngapa2in. cuma diem duduk doank. gw sama anak-anak kompleks gw sok-sok nguasain bus itu. padahal suatu waktu 4211 harus jemputin anak-anak SMP juga. kita-kita pada maju duduk depan dan diem semua. anak-anak SMP pada duduk di belakang.

nah, tempat2 duduk di 4211 itu dibagi 6 dari depan sampe belakang. Naik kelas kita, semakin mundurlah kita duduk. dan semakin tidak duduklah kita. yes. bangga tuh. paling depan itu anak-anak yg masi cupu kelas 1/2 yang gantian masuk siang/pagi. paling belakang kls 6 donk yang ga akan duduk normal di kursi dari naik sampe turun.. paling normal itu duduk di sandarannya. paling ga normal itu berdiri di pegangan menuju lubang tangga pintu belakang. hehe.
Bus bagi anak-anak kls 6 juga bisa tempat ngegym. bisa gelantungan di pegangan lobang emergency exit atap, bisa juga ngencengin otot betis dengan cara cukup berdiri tanpa pegangan jadi kuda-kuda kaki kita diuji kemampuannya. ato bahkan tridmil kalo ketinggalan bus (ga ding :P).

Hal yang paling gw inget, ada anak kls 4 SD yang bandel parah anaknya selalu bawa kaset Jamrud album surti tejo. satu bus karaokean tiap pulang sekolah lagu surti tejo.
"diancungkan jari jari tengah ke arah surtiiiii... penuh dendam dia bilang F*** Y**.."
dan dilanjutkan dengan penuh semangat
"Sooouuurrrteeeeii Faaaaaakkkyyyyyyooouuu..."
next? rewind lagi kasetnya. haha.
ck.ck anak jaman dulu...