Akhir minggu lalu ada presentasi perbaikan nilai di salah satu matakuliah yang gw ambil. Kuliahnya tentang branding ato bahasa indonesianya pemerekan. di setiap matakuliah ini berlangsung pasti keadaannya kaku, dingin dan parno aja bawaannya, jadi yang presentasi pasti takut-takut ga jelas gitu. bukan karena apa-apa, tapi ya adalah sesuatu yang mengganjal di setiap kuliah, ga mungkin gw bahas di sini. ntar ada "koin peduli Dhika" lagi... :D

Ada 1 orang mahasiswa yang presentasi. dia bawa brand Coca-cola sebagai objeknya. "wah berat nih", pikir gw.
setelah selesai, si dosen nanya, "kamu tau apa kampanye Coca-Cola sekarang?"
Si mahasiswa jawab dengan sedikit bingung dan kaku, "mmm... Always Coca-cola, pak."
si dosen diem dengan tampang sedikit menyepelekan si mahasiswa.

Ga salah juga sih emang Coca-cola udah kuat banget dengan "always Coca-cola" tapi masalahnya itu udah jaman kapan udah ga dipake lagi. Always Coca-cola berjaya jaman 90an. tahun 2000 aja udah ganti "enjoy." tapi ga kuat emang kampanye-kampanye yang dilakukan.

ini list dari wikipedia
  • 1993 - Always Coca-Cola.
  • 2000 - Enjoy.
  • 2001 - Life tastes good. (also used in the UK)
  • 2003 - Real.
  • 2005 - Make It Real.
  • 2006 - The Coke Side of Life (used also in the UK)
  • 2007 - Live on the Coke Side of Life (also used in the UK)
  • 2009 - Open Happiness
  • 2010 - Twist The Cap To Refreshness

Tapi inti dari post gw ini gini. jadi sekitar 2 hari yang lalu gw nonton "Begadang" di trans7. Ada Ipang, lala, Ello, sama Berry st. Loco. mereka berkolaborasi katanya. trus gw nonton deh mrk nyanyi. nah, di intro ada sound-sound unik, kyknya gw kenal. "ah paling mirip", gw bilang.

besoknya gw coba search youtube lagu "Buka Semangat Baru" yang mereka berempat nyanyiin. videoklipnya semakin gw merasa kenal :D trus pas gw liat infonya, bener ternyata, ini lagu untuk kampanyenya si Coca-cola, Open Happiness, untuk Indonesia.

Kayaknya si coca-cola mulai melirik strategi Always Coca-colanya. Dulu si coca-cola berhasil bgt bikin lagu untuk Always Coca-colanya dengan berbagai versi di dunia. Nah, Open Happiness ini juga dibikinin singlenya tapi di lagunya sendiri ga ada kata coca-colanya...

ini nih video klip versi Indonesianya



iseng gw nyari versi negara lainnya...

US


Singapore

China


Canada


nah, itu dia versi-versi beberapa negara yang gw temuin di youtube. tapi ada nih yang paling unik. versi ARAB! yeah... cekidot.



ya itu dia semua yang gw temuin di youtube. overall, gw paling suka versi US, kedua Indonesia. kedua negara ini mirip-mirip penyajiannya. ga ada merek coca-cola yang muncul di vclip nya. kalo versi Canada okelah, tapi kurang kena. kalo China & Singapore ya style2 chinese gitu, gw ga begitu suka konsepnya karena terlalu iklan.
kalo Arab? hmmm...